Author Guidelines

Persyaratan Penerimaan Naskah/Manuskrip

Naskah yang dikirim harus orisinal, hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan di jurnal lainnya dan bebas plagiarisme. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dan mengikuti kaidah penulisan bahasa Indonesia. Penulis bersedia melakukan perbaikan naskah sesuai dengan hasil review yang dikirimkan oleh editor JAA. Naskah yang tidak sesuai dengan persyaratan umum tidak dapat diterima. Artikel akan dipublikasikan dalam bentuk online dan cetak.

 

Ruang Lingkup Topik Naskah

Naskah yang dikirim merupakan hasil penelitian dengan topik budidaya pertanian, ekonomi pertanian, agribisnis, produksi dan teknologi peternakan, ilmu nutrisi dan pakan ternak, dan kesehatan ternak.

 

Pengiriman Naskah

Naskah ditulis dalam bentuk soft file dengan program Microsoft Word dan disubmit ke OJS JAA dengan alamat website https://jurnal.polbangtan-bogor.ac.id/index.php/jaa.

 

Alamat Redaksi Jurnal Agroekoteknologi dan Agribisnis

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor

Jl Aria Surialaga No 1 Bogor 16119

Telp (0251) 8312366, 8355371

Email : jaapolbangtanbogor@gmail.com

Kontak Person : Annisa Nur Ichniarsyah (0818-0820-4496)

 

Format Naskah JAA

Naskah diketik dengan Arial font 11, spasi 1 rata kanan dan kiri. Setiap halaman naskah diberi nomor halaman. Naskah ditulis dengan urutan sebagai berikut :

  1. Judul (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris)
  2. Nama lengkap seluruh penulis
  3. Nama lembaga disertai alamat lengkap
  4. Alamat email dari penulis sebagai korespondensi
  5. Abstrak dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia disertai kata kunci
  6. Pendahuluan
  7. Metode
  8. Hasil dan Pembahasan
  9. Kesimpulan
  10. Ucapan terima kasih (jika diperlukan)
  11. Daftar Pustaka

 

Panduan Penulisan Naskah/Manuskrip

Judul Naskah

Judul singkat dan jelas dalam Bahasa Indonesia dan dibawahnya diikuti dengan judul bahasa Inggris. Judul diketik dengan huruf arial font 11 spasi 1, bold menggunakan huruf besar setiap awal kata. Judul harus menarik, spesifik dan efektif, memuat kata-kata kunci dan tidak ada singkatan.

 

Nama dan Instansi Penulis

Nama penulis diketik dibawah judul naskah tanpa gelar dengan urutan nama pertama, kedua dst. Nama penulis boleh diketik lengkap atau disingkat sesuai kebiasaan. Nama keluarga dibelakang dan tidak boleh disingkat. Nama penulis diberi superskrip untuk menunjukkan identitas atau asal instansi penulis. Identitas penulis yaitu nama lembaga dengan alamat lengkap. Penulis sebagai korespondensi mencantumkan alamat emailnya.

 

Abstrak

Abstrak ditulis dalam satu paragraf menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris maksimal 250 kata. Abstrak terdiri atas tujuan, metode, analisis data, peubah, hasil dan pembahasan serta kesimpulan. Abstrak diakhiri dengan kata kunci maksimal 5 kata yang ditulis urut abjad.

 

Pendahuluan

Pendahuluan berisi latar belakang, identifikasi dan perumusan masalah serta tujuan penelitian. Latar belakang diperkuat dengan dukungan referensi berdasarkan hasil penelitian sebelumnya dan memuan keterbaruan topik penelitian. Tujuan penelitian dinyatakan secara tegas pada paragraf terakhir.

 

 

 

Metode

Metode memuat bahan dan materi penelitian yang utama digunakan, rancangan percobaan, analisis data dan pengukuran peubah. Metode yang digunakan harus reproducable dan bila diambil dari sumber lain dilengkapi dengan sitasi. Subjek dan objek penelitian dideskripsikan secara rinci.

 

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan berisi hasil pengolahan data yang akan dibahas dan diarahkan pada penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan disajikan dalam bentuk tabel, gambar atau grafik yang informatif bagi pembaca. Penyajian angka menggunakan aturan Bahasa Indonesia (koma diketik dengan tanda koma). Pembahasan berisi interpretasi hasil penelitian yang diperoleh dan dikaitkan dengan hasil yang pernah dilaporkan pada penelitian sebelumnya. Pada pembahasan lebih baik mengemukakan hasil gagasan/pemikiran peneliti terlebih dahulu, kemudian didukung oleh pustaka yang relevan dan terbaru. Pustaka yang digunakan sebaiknya berupa jurnal. Sebaiknya di setiap akhir paragraf pembahasan diakhiri dengan kesimpulan kecil.

 

Simpulan dan Saran

Simpulan ditarik dari hasil dan pembahasan dengan mengacu pada tujuan penelitian. Simpulan ditulis dalam bentuk paragraf. Saran berisi implikasi kebijakan. Saran ditulis dalam bentuk paragraf.

 

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih disebutkan bagi pemberi dana penelitian dan harus memperoleh persetujuan pencantuman di naskah.

 

Daftar Pustaka

  1. Pastikan semua publikasi yang dikutip dalam teks disajikan dalam daftar pustaka
  2. Penulisan daftar pustaka menggunakan Style Harvard dengan menyertakan reference manager yang digunakan seperti EndNote atau Mendeley
  3. Menggunakan referensi 10 tahun terakhir dengan proporsi pustaka jurnal minimal 80%
  4. Pengutipan seperti “Didi (2010) dalam Alan (2020)” dan penggunaan “Anonim” sebagai referensi tidak diperbolehkan
  5. Penulis tidak diperkenankan menggunakan buku praktis, diktat, dan panduan praktikum sebagai referensi
  6. Daftar pustaka disusun berdasarkan abjad pengarang dan tahun penerbitan. Untuk buku, urutannya yakni penulis, tahun, judul buku, nama dan tempat penerbitan. Untuk jurnal, urutannya yakni penulis, tahun, judul artikel, nama jurnal, volume, nomor publikasi, halaman dan doi (jika ada)
  7. Contoh kutipan pada teks: Saridewi (2018) atau (Saridewi, 2018); (Endrakasih et al., 2020) atau Endrakasih et al. (2020); (Riyanti dan Evvyernie, 2016) atau Riyanti dan Evvyernie (2016).
  8. Penulisan daftar pustaka adalah menggantung, baris kedua menjorok ke kanan sejauh 1 cm.
  9. Berikut beberapa contoh penulisan daftar pustaka.