Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur dan Tanaman Yodium (Jatropha mulitifida L) sebagai Salep Antiseptik Alami

Utilization of Egg Shell Waste and Yodium Leaves (Jathropa mulitifida L.) as a Natural Antiseptic Ointment

  • Muhammad Hamdani Saputra Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor
  • Jaka Jaka Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor
  • Reni Nuraeni Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor
  • Debby Fadhilah Pazra Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor
Keywords: cangkang telur, tanaman yodium, luka, salep antiseptik

Abstract

Cangkang telur berfungsi mempercepat penyembuhan luka karena tersusun atas protein kalsium karbonat sekitar 95%. Yodium mengandung senyawa-senyawa kimia berpotensi sebagai antibakteri seperti tanin, alkaloid, flavonoid dan juga saponin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kombinasi serbuk cangkang telur dan tanaman yodium dapat dijadikan salep. Salep dibuat dengan kombinasi serbuk cangkang telur dan ekstrak tanaman yodium dengan konsentrasi 15%, 20%, 25%, dan 30%. Parameter uji dilakukan dengan 5 macam uji yaitu uji organoleptik, uji daya sebar, uji pH, uji homogenitas dan uji aktivitas secara in vivo. Uji organoleptik dilakukan dengan cara menganalisis bau, bentuk dan warna pada sediaan salep. Uji daya sebar dilakukan dengan cara memberi beban kepada sediaan salep. Uji pH dilakukan dengan melihat derajat keasamaan pada sediaan salep. Uji homogenitas dilakukan dengan melihat tingkat homogenitas sediaan salep. Uji secara in vivo dilakukan pada ayam lokal sebanyak 21 ekor yang diberi luka sayat sebesar 1,5 cm selama 14 hari, diameter penyembuhan luka dianalisis menggunakan Analysis Of Variant dan dilanjutkan dengan analisis Duncan. Hasil uji daya sebar memperlihatkan bahwa sediaan salep yang diberikan beban yang semakin berat menghasilkan diameter yang semakin lebar. Uji organoleptik memperlihatkan bahwa kualitas yang dihasilkan cukup baik ditandai dengan sediaan salep setengah padat, salep berbau khas ekstrakĀ  yang digunakan dan berwarna seperti ekstrak. Hasil uji in vivo menunjukkan bahwa salep efektif dalam menyembuhkan luka. Konsetrasi terbaik adalah dengan formulasi 30% karena menunjukan hasil yang paling cepat dalam proses penyembuhan luka. Hasil ini menunjukkan limbah cangkang telur dan daun yodium dapat dijadikan sebagai salep antiseptik alami terhadap penyembuhan luka.

References

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2018. Produksi telur ayam petelur menurut provinsi. diakes pada tanggal 26 Desember 2019 di https://bps.go.id/linkTableDinami s/view/id/1079.

Anief M. 2013. Ilmu Meracik Obat: Teori dan Praktik ke 16. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

_________. 2006. Ilmu Meracik Obat. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Anonim. 2000. Inventaris Tanaman Obat Indonesia (1) jilid 1. Jakarta: Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Depkes RI. 2000. Inventaris Tanaman Obat Indonesia (I) Jilid 1. Jakarta: Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Harian A. 2013. 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya Edisi Revisi. Jakarta: Penerbar Swadaya.

Hasyim NKL, Pare I, Junaid A, Kurniati. 2012. Formulasi dan Uji Efektivitas Gel Luka Bakar Ekstrak Daun Cocor Bebek (Kalanchoe pinnata L.) pada Kelinci (Oryctolagus cuniculus). Majalah Farmasi dan Farmakologi. 16(2): 89-94.

Hernani MY. 2012. Formulasi Salep Ekstrak Air Tokek (Gekko gecko) Untuk Penyembuhan Luka, Jurnal Penelitian Farmasi. Universitas Wahid Hasyim, Semarang.

Hidayat AA. 2017. Metode Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Jakarta: Salemba

Ilmi AN. 2009. Tanaman Yodium Jatropha multifida sebagai Bahan Fortifikasi Bath (Abstrak). Karya Tulis Ilmiah Strata Satu. Surabaya: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga.

Naibaho OH, Yamlean PVY, Wiyono W. 2013. Pengaruh Basis Salep Terhadap Formulasi Sediaan Salep Ekstrak Daun Kemangi (Ocimum sanctum L.) Pada Kulit Punggung Kelinci Yang Dibuat Infeksi Staphylococcus aureus, Jurnal Ilmiah Farmasi, Vol. 2 No. 02.

Rokhana, Ainiyah. 2019. Potensi Batang Tanaman Yodium (Jatropha multifida Linn) Sebagai Senyawa Anti Bakteri Staphylococcus aureus ATCC 25923 secara in vitro. Akademi Farmasi. Vol. 3, No. 1, Halaman 3.

Sariyana, Nofriani A, Sabarwati H, Sahidin. 2018. Uji Toksisitas Akut dan Gambaran Hispatologi Hepar Mencit Jantan (Mus musculus L.) yang Diberi Ekstrak Terpurifikasi Daun Galing (Cayratia trifolia L. Domin). Pharmauho Volume 4, No. 1, Hal. 22-25

Suprapti LM. 2002. Pengawetan Telur, Telur Asin Tepung Telur, dan Telur Beku. Yogyakarta: Kanisius.

Warsy, Chadijah S, Rustiah W. 2013. Optimalisasi Kalsium Karbonat dari Cangkang Telur untuk Produksi Pasta Komposit. Jurnal Al-Kimia. Vol. 4(2): 87.

Yunus B. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lama Penyembuhan Luka Pada Pasien Ulkus Diabetikum Di rumah Perawatan ETN Centre Makassar: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar.

Published
2021-12-31
How to Cite
Saputra, M. H., Jaka, J., Nuraeni, R., & Pazra, D. F. (2021). Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur dan Tanaman Yodium (Jatropha mulitifida L) sebagai Salep Antiseptik Alami: Utilization of Egg Shell Waste and Yodium Leaves (Jathropa mulitifida L.) as a Natural Antiseptic Ointment . Jurnal Agroekoteknologi Dan Agribisnis, 5(1), 23-35. https://doi.org/10.51852/jaa.v5i1.471