POTENSI PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN LOKAL SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI PETSAI (Brassica pekinensis)

  • Dessy Ariyani Marasabessy Universitas Pattimura
  • Vilma Tanasale Universitas Pattimura

Abstract

Limbah pertanian lokal yang terdapat di sekitar lingkungan (In-situ) seperti : bonggol dan kulit pisang, gulma Colopogonium mucunoides, air beras, dan air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair untuk menunjang pertumbuhan dan produksi tanaman petsai (Brassica pekinensis). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi limbah pertanian local (bonggol pisang, kulit pisang, gulma Colopogonium mucunoides, air beras, dan air kelapa) sebagai pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman petsai. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tulehu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah dari Bulan Agustus sampai November 2018. Penelitian  dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan satu faktor. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian adalah dosis pupuk organik cair  terdiri atas 4 taraf yaitu: kontrol  (P0), 10 ml L-1  (P1),  20 ml L-1  (P2), 30 ml L-1 (P3). Analisis data menggunakan ANOVA bila bepengaruh nyata akan dilanjutkan dengan BNJ taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa dosis pupuk organik cair berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, bobot segar tanaman dan bobot kering tanaman tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap luas daun. Dosis 20 ml L-1  menunjukan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan jumlah daun masing-masing 38,21 cm dan 18,79 bila dibandingkan perlakuan lainnya. Perlakuan P2 (20 ml L-1) menunjukan pengaruh nyata terhadap bobot segar tanaman (140,12) g dan bobot kering tanaman (28,73) g bila dibandingkan dengan perlakuan lainnya.

Published
2021-03-24
How to Cite
Marasabessy, D. A., & Tanasale, V. (2021). POTENSI PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN LOKAL SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI PETSAI (Brassica pekinensis). Jurnal Agroekoteknologi Dan Agribisnis, 4(2), 9-19. https://doi.org/10.51852/jaa.v4i2.434
Section
Articles