Perilaku Petani Cabai Merah dalam Perencanaan Pemasaran di Sentra Produksi Jawa Barat, Indonesia

Authors

  • Wasrob Nasruddin Dosen Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor
  • Achmad Musyadar Dosen Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor
  • Dyah Gandasari Dosen Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51852/jaa.v3i2.390

Keywords:

perilaku, perencanaan, pemasaran

Abstract

Persoalan cabai merah sebagai komoditas sayuran yang mudah rusak, dicirikan oleh produksinya yang fluktuatif, sementara konsumsinya relatif stabil. Kondisi ini menyebabkan terjadinya volatilitas harganya yang sangat signifikan. Dalam hal demikian, salah satu sumber permasalahan fluktuatifnya harga cabai ada pada sisi penawaran. Sehingga perencanaan pemasaran dalam usahatani cabai merah mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan berusahatani. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis perilaku petani cabai merah dalam merencanakan pemasaran produknya dan 2) mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi petani dalam memilih pembeli produknya.

Downloads

Additional Files

Published

2020-04-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

Perilaku Petani Cabai Merah dalam Perencanaan Pemasaran di Sentra Produksi Jawa Barat, Indonesia. (2020). Jurnal Agroekoteknologi Dan Agribisnis, 3(2), 37-45. https://doi.org/10.51852/jaa.v3i2.390