PENGARUH PERSEPSI KARAKTERISTIK INOVASI TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SEKOLAH LAPANG PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU PADI SAWAH PADA BEBERAPA KOMUNITAS ETNIS PETANI DI LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.51852/jpp.v9i1.325Abstract
Program peningkatan produksi beras di Indonesia ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Peningkatan produksi padi di Lampung dilakukan dengan implementasi inovasi pengelolaan tanaman terpadu (PTT) padi sawah. Percepatan pemasyarakatannya dengan sekolah lapang pengelolaan tanaman terpadu (SL-PTT) padi sawah. Pembelajaran sekolah lapang terjadi pada berbagai komunitas petani padi etnis Lampung, Jawa dan Bali serta mempunyai persepsi yang berbeda atas karakteristik inovasi. Diduga terdapat pengaruh persepsi atas karakteristik inovasi terhadap pembelajaran SL-PTT padi sawah. Tujuan Penelitian ini (a) mendeskripsikan persepsi petani atas karakteristik inovasi dalam pembelajaran SL-PTT padi sawah pada beberapa komunitas petani; (b) menganalisis pengaruh persepsi petani tentang karakteristik inovasi terhadap efektifitas proses pembelajaran SL-PTT padi sawah pada beberapa komunitas petani. Metode penelitian dengan survey pada petani peserta SL-PTT padi sawah. Jumlah sampel 286 petani. Lokasi penelitian di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Selatan dan Lampung Barat. Analisis data secara deskriptif dan regresi model logistik. Hasil penelitian menunjukkan: (a) probabilitas terjadinya efektifitas proses pembelajaran sekolah lapang pengelolaan tanaman terpadu padi sawah pada petani etnis Lampung, etnis Jawa, etnis Bali dipengaruhi oleh persepsi atas karakteristik inovasi; (b) persepsi semua etnis petani atas karakteristik inovasi PTT mempunyai kecenderungan sebaran penilaian pada kategori tidak rumit, tidak menghambat, mampu untuk diterapkan, sesuai, menguntungkan, cukup mudah untuk dicoba dan mudah diamati; (c) efektifitas proses pembelajaran ketiga etnis petani berada pada kategori sedang sampai tinggi. Implikasinya untuk meningkatkan adopsi inovasi pengelolaan tanaman terpadu padi sawah bagi petani etnis Lampung, Jawa dan Bali perlu dilakukan peningkatan efektifitas proses pembelajaran sekolah lapang pengelolaan tanaman terpadu padi sawah dan mendorong persepsi petani terhadap karakteristik inovasi lebih baik. Perlu penyebar luasan inovasi dengan mengintensifkan peran penyuluh, figur panutan petani, dan menyusun metode belajar yang memberikan kemudahan pemahaman sesuai etnis petani.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License