IDENTIFIKASI STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS (Studi Kasus Pada PT. Dara Molek Farm Kabupaten Bogor)

Authors

  • R. Eddy Sugiharto Dosen Jurusan Penyuluhan Peternakan, STPP Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51852/jpp.v3i2.253

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman yang paling berpengaruh dalam pemasaran dan mengetahui strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh PT. Dara Molek Farm. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2008 di PT. Dara Molek Farm, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder. Penentuan faktor yang paling berpengaruh dilakukan dengan analisis SWOT (strength, weaknesses, opportunities and threaths) yang diolah secara kuantitatif. Analisis selanjutnya adalah analisis bauran pemasaran meliputi produk, harga, distribusi dan promosi. Kekuatan dalam pemasaran adalah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau konsumen produksi telur yang bermutu. Kelemahan dalam pemasaran adalah modal usaha yang terbatas dan kurangnya promosi perusahaan. Peluang yang dapat ditangkap dalam pemasaran telur adalah adanya dukungan pemerintah Kabupaten Bogor dan banyaknya kunjungan wisata ke Kabupaten
Bogor. Ancaman utama yang dihadapi PT. Dara Molek Farm adalah semakin meningkatnya inflasi dan peningkatan harga BBM. Strategi pemasaran untuk yang dilaksanakan oleh PT. Dara Molek Farm adalah mempertahankan citra produk dan mengembangkan produk
dengan memproduksi telur yang mengandung omega 3 dan omega 6 dan omega 9.

Downloads

Published

2020-01-06

Issue

Section

Articles