IDENTIFIKASI STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS (Studi Kasus Pada PT. Dara Molek Farm Kabupaten Bogor)
DOI:
https://doi.org/10.51852/jpp.v3i2.253Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman yang paling berpengaruh dalam pemasaran dan mengetahui strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh PT. Dara Molek Farm. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2008 di PT. Dara Molek Farm, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder. Penentuan faktor yang paling berpengaruh dilakukan dengan analisis SWOT (strength, weaknesses, opportunities and threaths) yang diolah secara kuantitatif. Analisis selanjutnya adalah analisis bauran pemasaran meliputi produk, harga, distribusi dan promosi. Kekuatan dalam pemasaran adalah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau konsumen produksi telur yang bermutu. Kelemahan dalam pemasaran adalah modal usaha yang terbatas dan kurangnya promosi perusahaan. Peluang yang dapat ditangkap dalam pemasaran telur adalah adanya dukungan pemerintah Kabupaten Bogor dan banyaknya kunjungan wisata ke Kabupaten
Bogor. Ancaman utama yang dihadapi PT. Dara Molek Farm adalah semakin meningkatnya inflasi dan peningkatan harga BBM. Strategi pemasaran untuk yang dilaksanakan oleh PT. Dara Molek Farm adalah mempertahankan citra produk dan mengembangkan produk
dengan memproduksi telur yang mengandung omega 3 dan omega 6 dan omega 9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License