Analisis Faktor Pribadi Konsumen sebagai Pengaruh Perilaku Belanja Daring Produk Sayur Organik melalui Platform Digital Marketing

Personal Factor Analysis as an Influence on Online Shopping Behavior of Vegetable Product Through Digital Marketing Platform

  • Windi Lestari Universitas Sriwijaya
  • Laila Husin Universitas Sriwijaya
  • Dwi Wulan Sari Universitas Sriwijaya
Keywords: buying interest, market segmentation, online purchasing, personal factor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor pribadi konsumen yang meliputi jenis kelamin, usia, pendidikan, keuangan, dan pekerjaan terhadap minat beli dan pembelian faktual sayur organik serta menganalisis segmen pasar sayur organik dengan mengkaji karakteristik konsumen yang membeli sayur organik secara daring di Kota Palembang untuk dijadikan sebagai rekomendasi strategi pemasaran sayur organik. Subjek penelitian adalah konsumen yang membeli sayur organik secara daring di 20 toko yang menyediakan layanan tersebut sehingga total responden adalah 200 orang. Penelitian menggunakan analisis K-Means Cluster dengan bantuan program SPPS 27 dan analisis Structural Equation Modelling (SEM) PLS 3.2. Hasil yang diperoleh menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan atau positif faktor usia, pendidikan, keuangan, dan pekerjaan terhadap faktor pribadi, dan secara keseluruhan faktor pribadi berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan pembelian faktual. Segmentasi pasar konsumen produk sayur organik yaitu konsumen yang berusia produktif, yaitu 21 hingga 60 tahun, berpendidikan tinggi dan bekerja sebagai pegawai swasta, wiraswasta dan pegawai negeri serta berasal dari suku melayu palembang, jawa, dan sunda, serta memiliki penghasilan total dalam rentang Rp. 2.000.000–5000.000. Hasil penelitian ini diharapkan dapat diterapkan oleh pelaku usaha sayur organik daring sehingga dapat meningkatkan keterjangkauan pasar ke calon pembeli yang terbiasa menggunakan platform digital marketing terutama untuk wilayah Palembang.

References

Assael H. 2007. Consumer Behavior. Amerika Serikat: John Wiley & Sons.

Chin W. W. 1998. The partial least squares approach to structural equation modeling. Methods for Business Research. 295(2): 295–336.

Darmawan ASP, Trimo L. 2022. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sayuran terhadap pengguna E–Wallet Go–Pay di Kota Jabodetabek. Jurnal Agribisnis Indonesia. 10 (2): 211–221.

Devi SRM, Hartono G. 2015. Faktor–faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sayuran organik. Jurnal AGRIC. 27 (1): 60–67.

Efron B, Tibshirani RJ. 1998. An Introduction to the Bootstrap (Ed 2). Amerika Serikat: Chapman and Hall.

Ghozali I. 2014. Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

__________, Latan H. 2015. Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Smart PLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iswahyudi K. 2020. Analisis perilaku konsumen sayuran di pasar wilayah kota Kabupaten Jember [skripsi]. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.

Jie W, Poulova P, Haider SA, binti Sham R. 2022. Impact of internet usage on consumer impulsive buying behavior of agriculture products: moderating role of personality traits and emotional intelligence. Frontiers in Psychology. 13. doi: 10.3389/fpsyg.2022.951103.

[Kemenkes] Kementerian Kesehatan. 2023. Profil Kesehatan Indonesia 2023. Jakarta: Kemenkes RI.

Kisworo AN, Handayani KS. 2014. Analisis hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian susu kambing di Wilayah Bogor. Jurnal Aplikasi Manajemen. 12 (3): 443–453.

Kotler P, Amstrong G. 2010. Prinsip–Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lin J, Li T, Guo J. 2021. Factors influencing consumers continuous purchase intention on fresh food e-commerce platform : an organik foods-centric empirical investigation. 3 (1): 101103.

Mason WH, Hausler D. 2006. Consumer Behavior. Encyclopedia of Management. Ed. Marilyn M. Helms. Amerika Serikat: Gale.

Najib M, Sumarwan U, Septiani S, Waibel H. 2021. Individual and socio–cultural factors as driving forces of the purchase intention for organik food by middle class consumers in Indonesia. Jurnal of International Food and Agribusiness Marketing. 34(10): 1–22.

Rakasyifa I, Mukti GM. 2020. Faktor–faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sayur dan buah di ritel online. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 6(1): 275–289.

Rasmikayati E, Mukti GW, Saefudin BR. 2023. Hubungan antara perilaku konsumen dan keputusannya dalam membeli sayur dan buah di ritel online. Jurnal Pertanian Agros. 25 (1): 257–266.

Rossiter JR, Bellman S. 2005. Marketing Communication, Theory and Application. Amerika Serikat: Prentice Hall.

Suawa AJ, Tumbel AL, Mandagie Y. 2019. Analisis faktor–faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian di new ayam bandung resto kawasan megamas manado. Jurnal EMBA. 7 (4): 5195–5204.

Schiffman LG, Wisenblit JL. 2015. Consumer Behavior Edisi 11 Global Edition. Inggris: Pearson Education.

Hermawati S. 2013. Pengaruh Gender, tingkat pendidikan, dan usia terhadap kesadaran berasuransi pada masyarakat indonesia. Jurnal Ekonomi. 1 (1):

Sunarto. 2018. Analisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian handphone Xiaomi Redmi 3S. Jurnal Moneter. 5 (1): 35–43.

Timmerman V, Mandey SL, van Rate P. 2017. Analisis faktor–faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian di Texas Chicken Manado. Jurnal EMBA. 5 (2): 1113–1122.

Towoliu JES, Tumbuan WJFA. 2017. Pengaruh faktor pribadi dan faktor keluarga terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Waroeng Tepi Laut, Manado. Jurnal EMBA. 5 (2): 308–322.

Wahyuni T, Zuhriyah A. 2020. Perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian pudak di Toko Sari Kelapa. Journal Trunojoyo, 1 (1): 232–243.

Published
2024-03-23
How to Cite
Lestari, W., Husin, L., & Sari, D. W. (2024). Analisis Faktor Pribadi Konsumen sebagai Pengaruh Perilaku Belanja Daring Produk Sayur Organik melalui Platform Digital Marketing : Personal Factor Analysis as an Influence on Online Shopping Behavior of Vegetable Product Through Digital Marketing Platform . Jurnal Agroekoteknologi Dan Agribisnis, 8(1), 1-12. https://doi.org/10.51852/jaa.v8i1.689